Begini Ceritanya:

"Ini rumah baru saya. Rumah saya yang lama kena gusur karena pengembang perumahan ingin membangun pasar di sana.
Saya pindah ke sini dengan membawa banyak kenangan dari rumah yang lama."
-- Wita, korban penggusuran Multiply (okt 2012) --

Thursday, February 19, 2009

Yang Penting Ketutup

walau cuma denger ceritanya dr temen2, tapi cukup ngakak juga gw ngedengernya.

Pada suatu ketika ujian semester...

Pagi itu seorang teman berbadan sangat subur datang terlambat dan lupa membawa jilbab pula (kebiasaan kami kalau ujian gini, bawa jilbab instan & almamater utk padanan praktis busana muslimah (yg penting ketutup) tapi yg bisa begini cuma anak2 Fikom aja krn fakultas lain
dresscode nya wajib putih-item tertutup, sementara kami bebas aja yg penting tertutup dan tdk ketat).

Tapi ketelatannya dan keteledorannya ini tidak membuat ia kehabisan ide. Gak bawa jilbab, maka ia pun segera bergegas ke masjid kampus. Bukan utk melarikan diri dari masalahnya, bukan utk bertaubat atas kesalahannya dan juga bukan utk berdoa , berdzikir, dll. Melainkan untuk meminjam mukena untuk menutupi auratnya. Oh! Betapa cerdiknya temanku itu..

Alhasil dengan memakai mukena yg berhiaskan sablonan cap masjid kampus, dgn tergopoh-gopoh ia segera masuk kelas. Beruntung krn telatnya belum sampai 15 menit maka ia diperbolehkan masuk dengan salam sapaan dr si dosen “Mit, kamu sholat subuhnya telat ya?”…spontan seisi kelas yg mendengarnya jadi ketawa semua.

*tiap inget ini gw selalu ketawa, ..mukena, celana panjang, sepatu hak, badan gempal, tergopoh-gopoh, ujian di dalam kelas…dohhhh!!...
*di kampus gw klo kuliah sehari2 bebas aja mau beraurat atau tidak, tapi klo utk kegiatan formal itu aurat mesti ditutup.

17 comments:

asri 'aci' wuni wulandari said...

Hahahah tolol! Ga skalian bawa sajadah sama quran tuh? Skalian doa gt biar ujianny lancar..
Eh tp bnr loh, emg fikom tu suka nyeleneh sndri. D unpad, fakultas laen kl ujian kudu item putih. Nah di gue, bebas, asal berkerah hahah
HIDUP FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI!

wita lagi said...

eh! bilang tolol lagi...tar gw aduin lo..biar ditempeleng lu nanti!..
itu tuh bukan tolol ci! tapi kreatip!..istilahnya tak ada rotan, akar juga boleh lah..
klo gw ada di posisi dia sih pikiran gw "mending pulang...tidur lagi..tadi bangun pagi bener sih..ujian nya sih biarin aja lah..mungkin emang udh jalannya gw ikut susulan..haha"

klo fikom tuh selalu lebih longgar aturannya mungkin krn para petinggi kampus juga udh paham betul sama wataknya anak2 fikom kali ci...suka yg bebas2 dan klopun dikasih peraturan, paling bakal dilanggar juga akhirnya...

asri 'aci' wuni wulandari said...

yee klo gtu mah bagusan dia dh drpd lo. dia ga bw jilbab, usaha nyari cara. yah lo mh malah plg lg.. dmn rasa kemahasiswaanmu? heheh
yah dunnolah.. pokoknya gue cinta fikom, tapi benci jurnalistik! :-|

wita lagi said...

lah mang sapa bilang bagusan gw dr pd dia? weks... lagian gw gak ngerasa mahasiswa kok...gw cuma siswa biasa aja, bukan maha..ha..haa..haaa...

benci apa banci jurnalistik lu?..ngyek..ngyek...

Ruud Abiyoga said...

waduh, kenapa harus pas ujian aja ya aurat di tutup?
mungkin bisa membuat hilang konsentrasi pada waktu mengerjakan ujian mungkin.
hahaha!

asri 'aci' wuni wulandari said...

Hahah banci kali ya.. Ah lagian paling postingan gue jg cuma nulis2 iseng doang. Tar deh tunggu tulisan2 gue d koran. Koran lampu merah hahah eh d ganti jadi lampu hijau ya kl ga salah?

wita lagi said...

iya memang begitu adanya om ruud!..klo kita ujian, sidang..itu diwajibkan berjilbab, bahkan ijazah nanti fotonya juga berjilbab. jadi semacam mendidik kemunafikan..hahaha.... dan ijazah berjilbab itu yg paling berat tanggung jawabnya krn akan jadi bahan pertanyaan dan penilaian perusahaan2 yg kami tuju utk bekerja. klo yg g tau peraturan kampus sih pasti nyangkanya kita yg maen2 sama jilbab.huehehee...

eh tapi utk biar lebih konsentrasi bener juga sih tuh!

Ruud Abiyoga said...

hahaha, wah enak ya udah pada mau kerja semua, cuma gue doang nieh masih luntang lantung depan komputer, hahaha! emang perusahaan gitu ya? liat jilbab atau tidak? walaupun agamanya non muslim masa juga harus pake jilbab sih?

wita lagi said...

iya deh tar gw tunggu di perempatan lampu merah ya..tapi klo tulisan lu nongolnya di koran lampu hijau, kasih tau gw ya! biar gw pindah ke perempatan lampu hijau. loh?! wueeheheee...

wita lagi said...

enak gimana? ini gw masih bertempur sama skripshit nih!..blom mikir kerjaan tuh.

kebanyakan perusahaan sih gak gitu masalah sama yg jilbab atau tidak (tapi ada juga sih)...yg bikin masalah tuh kan gini: kita ngelamar pekerjaan dgn ijazah dimana foto kita berjilbab, padahal aslinya kita gak jilbab. jadi klo kata tmn2 yg udah kerja nih, mereka itu selalu ditanya "jadi waktu kuliah kamu pake jilbab ya? knp skrg di lepas?"...begitu...
yah pikiran org kan msh bnyk aja yg nyangka klo dulu jilbab skrg gak jilbab berarti tuh org kurang baik..

Ruud Abiyoga said...

o gitu ya.. jadi pake jilbab itu baik, lalu copot jilbab kurang baik.
oke oke. perlakuan kita dinilai sebatas jilbab.
nice.

wita lagi said...

klo gw gak setuju nih! cetek bgt..
tapi aja di luar sana kenyataannya masih banyak aja yg beranggapan seperti ini (pengalaman temen2).

Ruud Abiyoga said...

iya makanya. cetek sekali, sering sebel gue dengan penilaian seperti ini. hehee.

asri 'aci' wuni wulandari said...

Eh tp tmen gue ada loh, ga pake jilbab, ngerokok, pk baju yg cewe2 gt, trs dulunya suka clubing. Terus pas suatu saat, kita kedatengan aktivis gtu, ngmgin tntg paham kanan dan kiri.
Trs si tmn gue it ngmg kl dia aktivis salman! Dan emang dia aktif di salman! Trs si aktivis itu ngotot ga percaya dgn alasan dia ga berjilbab, karna dandanannya, dan juga dia ngerokok. Trs si cwe it blg "emg aktivis di bidang agama harus berarti berjilbab? kan ngga! yang berjilbab asliny jg blm tntu bener.."
Saya setuju bgt tuh! Ya emang bner! Emg orang-orang kaya dia ga boleh jadi aktivis agama islam? Ya itu deh!

asri 'aci' wuni wulandari said...

Hahah iya deh wit, klo nggak ada juga tunggu aja di lampu kuning!

wita lagi said...

Ok ci! Jadi banci lampu lalu lintas dah gw...

Keren tuh temen lu..

asri 'aci' wuni wulandari said...

iya deh iya, tar gue kasih recehan pas liat lo mangkal..